Friday, November 30, 2012

[MY TASK] Praktik Internet ~ PPTI

1.  Jelaskan fungsi menu History pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk melihat dan
menghapus History pada web browser!



History di browser adalah fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet kita, history ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi. 

Cara melihat  History pada web browser (Mozilla Firefox)
1. Buka Mozilla Firefox
2. Klik menu History pada menu bar
3. klik show all history >> History







Cara menghapus History pada web browser (Mozilla Firefox)
1. Buka Mozilla Firefox
2. Klik menu History pada menu bar
3. klik show all history >> History
4. pilih history mana yang akan dihapus, klik organize, pilih delete




Bookmark dalam kontek World Wide Web (WWW), berarti Uniform Resource Identifier (URI) yang disimpan dalam komputer lokal. URI sendiri merupakan istilah pada komputer yang terdiri dari string dari karakter-karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi atau menamai sumber di internet
Jika anda menggunakan browser Mozilla Firefox, berikut beberapa hal yang bisa anda ketahui:

1. Menambah Web favorit anda ke Bookmark :
Cukup tekan menu bookmarks kemudian klik Bookmark This Page atau tekan tombol Ctrl+D bersamaan.Maka akan muncul jendela pilihan seperti berikut:




bookmarks_add



Kemudian Namai bookmark anda dan pilih folder penyimpanan, jika anda ingin menampilkan di toolbar supaya mudah diklik pilih Bookmarks Toolbar. Maka di browser akan muncul seperti ini:
bookmarktoolbar


Anda juga bisa menyimpan di filder khusus disesuaikan dengan jenis web favorit anda.
2. Backup dan Restore
Jika anda ingin memformat komputer anda, tentunya browser anda akan terhapus. Lakukan backup bookmarks anda sehingga jika format ulang komputer telah selesai, anda dapat mengembalikan daftar bookmarks anda kembali.
Backup Bookmarks:
Klik menu Bookmarks, kemudian Klik Organize Bookmarks atau (Ctrl+shift+B). Akan muncul jendela Library, klik pada menu Import and Backup, kemudian klikBackup... Simpan file anda dalam format .JSON.


bookmark_backup



Restore Bookmarks:
Klik menu Bookmarks, kemudian Klik Organize Bookmarks atau (Ctrl+shift+B). Akan muncul jendela Library, klik pada menu Import and Backup, kemudian klikRestore. Kemudian klik Choose File dan arahkan pada tempat .JSON file yang telah anda simpan. Maka Bookmarks anda sudah kembali seperti semula.



4. Apakah yang dimaksud dengan Add-ons pada  web browser Mozilla Firefox? Sebutkan 2
contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security danjelaskan fungsinya masing-masing! 


Add-ons adalah komponen opsional, dalam hal ini berupa sebuah perangkat lunak, yang bila ditambahkan ke dalam perangkat lunak utama, dalam hal ini Firefox, akan menambah fungsional perangkat lunak utama tersebut. Artinya, tanpa tambahan add-ons sekalipun Firefox tetap dapat dimanfaatkan fungsi - fungsi utamanya, akan tetapi akan lebih bagus lagi kalau di tambahkan beberapa add-ons

Contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security 
1)  WOT - Know Which Websites to Trust
WOT menunjukkan Anda website yang dapat dipercaya berdasarkan jutaan pengalaman pengguna.
Add-on ini menambah keamanan lebih untuk browser ini. Hal ini dapat menyaring situs Web tentang 4 hal:
- Trustworthiness (situs aman atau tidak),
- Vendor Reliability (aman untuk berbelanja atau tidak),
- Privacy (aman untuk privasi Anda atau tidak), dan
- Child Safety (aman untuk anak-anak Anda atau tidak).

2)  Web Development
Web Developer Ini merupakan toolbar yang mendukung Anda dalam mengetahui struktur template dan
mengeditnya. Anda juga bisa melakukan pengecekan untuk ketahanan form dari XSS, dan juga diberikan
fitur untuk memanipulasi gambar agar bisa dibesar kecilkan, dan mampu memberikin informasi yang sangat  baik per bagian website Anda.




5. Jelaskan fasilitas email filetring pada penggunaan email! Uraikan langkah-langkah contoh penggunaan email filtering pada Gmail/Yahoo Mail/web mail lainnya!


Email Filtering adalah suatu fungsi untuk memisahkan atau memilah email-email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Memang tidak seperti yahoo yg meneruskan email-email yang sudah disaring ke folder email filter (arti kata email2 yg sudah di filter tsb tidak akan muncul di inbox yahoo), tetapi tidak ada salahnya menggunakan fitur email filter di gmail. Sesuai dengan fungsinya juga, untuk memudahkan dan menyaring pembacaan email-email.

 


Tampilan Inbox Gmail - Tanpa Email Filtering
Seperti anda lihat pada gambar diatas, di inbox gmail terdapat beberapa email
dengan pengirim email yg berbeda. Sudah pasti jika anda memiliki banyak email
dengan pengirim yg berbeda-beda, anda akan memfokuskan diri anda untuk
menyortir-nya. Bahkan anda pun harus meluangkan lebih banyak waktu.
berikut adalah cara-caranya:

1. Klik “Settings” di menu bar di kanan atas, (lihat pada gambar diatas)
2. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah. Untuk kali
pertama kita harus membuat foldernya (Label) terlebih dahulu. Pilih
“Labels”

 

Masukkan nama label
Kemudian masukkan nama label untuk kategori email yg akan disaring. Seperti
contoh saya membuat Label “Friendster“, kemudian klik tombol “Create“

 


Label "Friendster" created
3. Setelah itu, klik “Filters“, kemudian klik “Create a new filters“, seperti pada gambar di bawah:




Klik Filters & Create a new filters
Kemudian akan muncul tampilan, seperti pada gambar di bawah:


 Keterangan:
From
“Berdasarkan asal alamat email atau nama lain dari alamat email”
To
“Berdasarkan tujuan alamat email atau tujuan nama lain dari alamat email”
Subject
“Berdasarkan subjeknya atau yang mengandung kalimat tertentu di dalam subjeknya”
Has the words
“Berdasarkan yang mengandung huruf/kalimat tertentu”
Doesn’t have
“Berdasarkan yang tidak mengandung huruf/kalimat tertentu”
Sebagai contoh saya memasukkan kalimat “Friendster“, seperti pada gambar:
Kemudian, jika ingin mengetahui apakah menggunakan keyword “Friendster” berhasil atau tidak, klik tombol “Test Search“:

 

Hasil test dengan keyword filter "Friendster"
Jika berhasil, kemudian klik “Next Step“, jika tidak berhasil, perhatikan kriteria keywords yang biasa muncul dari email tersebut.
Kemudian akan tampil seperti pada gambar dibawah:


 Kemudian checklist “Apply the label” dan pilih labelnya (“Label Friendster“).
-Kemudian checklist “Also apply filters to ……“
-Langkah terakhir klik “Create Filters“
Setelah itu akan muncul hasilnya seperti gambar:


 


Hasil pembuatan filters
Jika ingin membuat email filter lagi, klik “Create a new filter“
5. Hasil dari pembuatan email filtering bisa anda lihat di tampilan inbox.


 


Hasil email filtering di Inbox Tanpa Pewarnaan
Langkah terakhir. Kita atur pemisahan “Warna” terhadap masing-masing label tersebut. Cara merubahnya ada di kolom “Label” di side bar sebelah kiri, seperti pada gambar:


 


Proses pewarnaan Labels
“Lakukan cara yang sama terhadap label filter lainnya.”
Setelah itu baru bisa dilihat hasil akhirnya di folder “Inbox” dan di masing-masing “Label” tersebut.


 

Hasil akhir tampilan email filtering di Inbox Dengan Pewarnaan Labels


  
email-email yang telah di filter bisa di teruskan ke folder/label yang telah di filter, arti kata email-email terbaru (yg telah di filter) tidak akan masuk ke folder “Inbox”, melainkan akan diteruskan ke folder-folder atau label yg telah di filter. (Sama seperti di yahoo! mail)…
Caranya:
Klik “Settings” di pojok kanan atas kemudian pilih “Filter“, kemudian klik “Edit” pada label filter yg ingin di setting.


 
Kemudian klik tombol “Next Step“
Akan muncul tampilan proses:

Checklist “Skip the Inbox (Archive it)“
- Fungsi ini akan meneruskan email-email terbaru untuk kategori filterisasi email “Friendster” ke folder atau
label filter “Friendster“.
Jangan lupa cek dan cheklist pada:
Apply the label
Also apply filter to …
Kemudian klik “Update Filter“
Dan dengan hasil pada halaman “Inbox“:

0 comments:

Post a Comment